Posted by : Me Kamis, 16 April 2015

Microsoft Access adalah aplikasi yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola basis data atau lebih dikenal dengan database.Database adalah kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling berkaitan untuk menghasilkan informasi.Data digunakan sebagai masukan yang akan diolah menjadi informasi.

Pengenalan Primary Key dengan Foregin Key

1. Primary Key
Primary key adalah satu field atau lebih yang biasanya terletak pada urutan pertama yang secara unik mengidentifikasikan setiap record yang disimpan dalam table yang berfungsi untuk mengatur tampilan data pada database
Langkah pembuatan Primary Key :
  • Letakkan pointer pada nama field yang akan dijadikan kunci (primary key)
  • Pilih Menu Design
  • Klik pada icon primary key
  • Akan terlihat symbol kunci di sebelah kiri field
2. Foreign Key
Foreign key adalah atribut yang melengkapi relationship dan menunjukkan hubungan antara table induk dengan tabel anak. Foreign key ditempatkan pada tabel anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Absent pada Table Nilai adalah Primary Key sedangkan Absent pada Table Siswa adalah Foreign Key.

Membuat Database Baru


Pilih "Blank Database", jangan lupa di bagian kanan terdapat "File Name" untuk menamakan berkasnya. Setelah itu, klik tombol Create.


Membuat Table Baru


Buka tab Create -> Pilih Table
Akan muncul tabel baru yang dinamai secara default sebagai Table2. Untuk mengubah namanya, klik kanan pada tab Table2, lalu klik Save dan akan muncul jendela yang menyuruh user untuk memberikan nama baru untuk tabel tersebut, setelah selesai OK.
field1 (primary key): NIM (text, size: 9)
field2: Nama (text, size: 50)
field3: ID_Departemen (text, size: 5)
field4: ID_Pembimbing (text, size: 5)

2.Tabel Departemen
field1: Nama Departemen (text, size: 50)
field2 (primary key): ID_Departemen (text, size: 5)

3.Tabel Pembimbing
field1: Nama Pembimbing (text, size: 50)
field2 (primary key): ID_Pembimbing (text, size: 5)

Lalu, kembali lagi ke Datasheet View, dengan cara yang sama seperti mengubah ke Design View dan isikan Field yang sudah dibuat dengan data yang diperlukan. Sebagai contoh seperti gambar di bawah ini.

Membuat Relationship 

Relationships adalah diagram yang menyatakan hubungan atau korelasi antara satu field di dalam suatu table dengan field pada table lainnya berdasarkan kunci tertentu. Untuk membuatnya, tinggal klik Tab Table (ada pada Table Tools), lalu pilih Relationship dan akan muncul jendela baru. Klik Add pada semua tabel yang ada di database.

Untuk membuat agar setiap tabel memiliki relasi, pilih menu Edit Relationship seperti contoh di bawah ini:
Pada gambar di atas, terlihat saat kita menglik Create New,,, akan muncul jendela baru yang meminta kita untuk memasukkan field apa yang saling berkaitan (bernama sama) antartabel. Seperti contoh di atas, antara Tabel Mahasiswa dengan Tabel Departemen sama-sama memiliki field ID_Departemen. Lakukan hal yang sama untuk Tabel Mahasiswa dengan Tabel Pembimbing. Setelah selesai, maka akan terlihat seperti di bawah ini.


Membuat Forms 

Form digunakan untuk frontend aplikasi. Biasanya untuk menampilkan data, menambah data, dll.
Untuk membuat Forms, klik tab Create lalu pada submenu Forms pilih Forms Wizard. Setelah itu akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah



Pada bagian Selected Fields diisi dengan fields yang ada pada semua tabel yang telah dibuat. Contohnya saya mengambil fields NIM dan Nama dari tabel Mahasiswa, field Nama Departemen dari tabel Departemen, dan field Nama Pembimbing dari tabel Pembimbing. Lalu, klik Next dan akan muncul jendela selanjutnya seperti gambar:
Klik Next, hingga pada jendela terakhir langsung klik saja Finish. Akhirnya, Form-nya pun telah jadi!

Form di atas bisa digeser-geser (ada di bagian bawah) untuk melihat "Nama" selain yang dicantumkan di gambar.


Tambahan:

Membuat Reports

Report, seperti halnya form, digunakan untuk merepresentasikan hasil olahan data menjadi informasi yang siap di cetak di lembaran kertas. Untuk membuat Report, klik tab Create lalu pada submenu Reports klik Report Wizard.
Tampilan jendela pada Reports sama persis dengan jendela Forms dan dalam pengaturan Selected Fields pun juga sama. Report yang saya buat memiliki Selected Fields yang sama dengan Form. Setelah itu, klik Next dan Next lagi hingga muncul jendela seperti ini:

Maksud dari jendela di atas adalah report akan menampilkan NIM sebagai subjek utama. Setelah itu, klik Next lagi.
Pilihlah field yang hendak ditampilkan dalam report (apakah ascending atau descending). Klik Next dan Next lagi, lalu Finish. Selesai! Maka report akan tampil seperti ini:



Membuat Query (dengan SQL) 

Untuk membuat Query, klik tab Create -> Query Design, lalu akan muncul jendela kerja untuk membuat Query. Tutup saja jendela yang muncul, setelah jendela tertutup akan terlihat menu SQL di pojok kiri atas di bawah FILE


Klik SQL, dan akan muncul jendela kerja untuk memasukkan perintah-perintah, seperti gambar di bawah ini:


PERINTAH DASAR:

SELECT FieldYangInginDitampilkan FROM table WHERE FieldsYangDimaksud ='Data'

SELECT * FROM table WHERE FieldsYangDimaksud ='Data';

Contoh:
SELECT NIM FROM Mahasiswa WHERE Nama ='Yaung Hertz'
Maka, akan tampil seperti ini:

Untuk FieldYangInginDitampilkan  boleh lebih dari satu, contoh:


SELECT NIM, ID_Departemen FROM Mahasiswa WHERE Nama ='Yaung Hertz'

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Labels

Popular Post

- Copyright © Dunia [masih] bersinar -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -